Rabu, 22 Mei 2013

SHAUM AYYAMUL BIDH

Bismillah...
Ehm, alhamdulillah nggak kerasa udah masuk pertengahan bulan rajab... Dan ada puasa sunnah yang dapat kita kerjakan yaitu ayyamul bidh. Menurut terjemahan kasarnya yaitu puasa hari putih / terang, atau yang sering kita dengar yaitu puasa tengah bulan. Berikut beberapa hadist yang menjelaskan tentang ayyamul bidh.

"Shaum 3 (tiga) hari tiap bulan merupakan shaum sepanjang tahun. Dan shaum Ayyamul Biidh (hari-hari ýαnğ putih) yaitu tgl 13,14,15 bulan Qamariyah".
(HR. an-Nasa'i no.2377; dishahihkan oleh syaikh al-Albani) 

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai) 

Abu Hurairah ra. Berkata, “Teman dekatku (Nabi Muhammad saw.) berpesan tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih)

Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah berbuka (tidak berpuasa) pada Ayyamul-Bidh, baik di rumah maupun sedang bepergian.” (h.r. Nasa’i. Sanad hadits ini hasan)

Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. At Tirmidzi)

Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan puasa ayyamul bidh... Semoga Puasa kita diterima..aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar