Senin, 20 Mei 2013

It's About Ukhuwah...

Bismillah...
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran: 103).

Pernahkah kita membayangkan dan memikirkan, kalau ternyata yang memberikan kekuatan pada diri ini untuk tetap terus bertahan diantaranya adalah karena ukhuwah. Persaudaraan yang perjumpaannya dan perpisahannya karena Alloh. Sebagaimana imam Hasan Albana mengatakan " ukhuwah adalah keterikatan hati dan jiwa antara satu sama lain yang dilandaskan akidah."
Pernahkah kita membayangkan dan memikirkan kalau ternyata yang membuat dirimu tetap merasa aman dan tentram meski engkau jauh dari keluarga tercinta adalah karena ada ukhuwah. Berkumpul bersama sahabat-sahabat inspiratif, berkumpul dalam satu fikroh yang sama. Semuanya tak membuat kau bersedih karena ada ukhuwah di dalamnya.
Pernahkah kita memikirkan kalau bukan karena ukhuwah sudah pasti hidup kita penuh dengan warna-warni yang tak jelas arah dari maksud warna-warni itu. Pasti kita semua menyadari bahwa hidup dengan balutan ukhuwah di dalamnya maka akan terasa indah hidup yang kita jalani.

Lagi dan lagi ada ukhuwah sepanjang episode rantauan ku. Tak terasa jauh dari orang tua, jauh dari saudara, tak membuat diri ini berhenti untuk melangkah walaupun hanya terseok-seok. 6 tahun menjalin ukhuwah di kota rantauan pertama, dengan penuh antusias sebagai mahasiswa ataupun S.Ked dan 11 bulan menjalin ukhuwah di kota rantauan kedua bersama kakak-kakak yang nan inspiratif.

Ukhuwah tak mengenal kesudahan ia mengiringimu dalam hidup sebagai penyejuk...menyapamu dalam kesendirian yang melelahkan dan menjagamu tetap dalam senyum...ukhuwah adalah persaudaraan yang kekal,,,ia tak mengenal kejenuhan...ukhuwah selalu punya waktu untuk dibagi, meski hanya sebuah nasehat atau sebait doa yang tak tampak... Tenang dan menenangkan, itulah persahabatan ...saling memahami setiap warna karakter yang tercipta adalah ciri kedewasaan dari persahabatan... ramai dan jenaka adalah sisi lain dari sebuah kepolosan ...sedang sepinya adalah pengendalian diri...indahnya adalah jika semuanya adalah karena Allah...

Hadits Muadz bin Anas Al-Jahni bahwa Rasulullah saw. bersabda:
Siapa saja yang memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka berarti ia telah sempurna imannya.   (HR. AL Hakim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar